Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara dan bahan Pembuatan Soygurt

"Sang Landep"
Kedelai sebagian besar dikonsumsi dalam bentuk olahan dan hanya sebagian kecil yang dikonsumsi secara langsung. Salah satu produk olahan kedelai adalah susu kedelai. Susu kedelai mempunyai nilai gizi yang mirip dengan susu sapi dan sangat baik digunakan sebagai pengganti susu sapi bagi anak-anak yang menderita intoleransi laktosa. Dengan sedikit suplementasi khusus, susu kedelai dapat menggantikan susu sapi secara baik. Namun demikian, pemanfaatan susu kedelai masih terbatas karena citarasa yang kurang disenangi (langu).
Keterbatasan susu kedelai tersebut dapat dikurangi melalui proses fermentasi susu kedelai menjadi yogurt yang lebih dikenal dengan istilah soygurt. Soygurt merupakan produk fermentasi susu kedelai dengan menggunakan bakteri Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus bulgaricus yang telah umum dipakai dalam proses pembuatan yogurt
Alat yang digunakan:
1. Baskom
2. Panci
3. Kompor
4. Blender
5. Saringan
6. Inkubator
7. Oven
8. Timbangan
9. pH meter

Bahan yang digunakan:
1. Kedelai kuning varietas impor
2. Sukrosa
3. Gelatin yang berasal dari sapi
4. Bakteri Streptococcus thermophilus dan Lactobacillus bulgaricus.

Prosedur pembuatan soygurt

1. Biji kedelai direndam dalam larutan NaHCO3 0,5% selama satu malam (perbandingan kedelai dengan larutan perendam adalah 1 : 3). Setelah itu, kedelai ditiriskan.

2. Diblanching dalam larutan NaHCO3 0,5% selama 30 menit (perbandingan kedelai dengan larutan perendam adalah 1 : 3).

3. Kemudian, kulit kedelai dibuang dan dicuci dengan air bersih dan ditiriskan.

4. Selanjutnya, kedelai dihancurkan dengan menggunakan blender sambil ditambah dengan air panas (80-1000C) dengan perbandingan kedelai dan air sebanyak 1 : 6. Penggilingan dilakukan selama 7menit dan setelah itu dilakukan penyaringan.

5. Susu kedelai yang telah disaring siap digunakan untuk pembuatan soygurt.

6. Susu kedelai sebanyak 450 ml dimasukkan ke dalam panci.

7. Ditambah sukrosa 7%

8. Kemudian diaduk hingga gula yang ditambahkan menjadi larut.

9. Susu yang terdapat pada panci dimasukkan ke dalam botol kaca.

10. Kemudian susu kedelai disterilisasi pada suhu 1150C selama 10 menit. Susu kedelai didinginkan dengan cepat hingga mencapai suhu 450C.

11. Agar soygurt stabil dan baik teksturnya maka dilakukan penambahan larutan gelatin sebanyak 5% dari volume susu kedelai.

12. Kemudian susu kedelai diinokulasi dengan starter yang terdiri dari Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus bulgaricus masing-masing sebanyak 2,5% dari volume susu kedelai.

13. Sebelum digunakan untuk pembuatan soygurt kultur Streptococcus thermophillus dan Lactobacillus bulgaricus dibiakkan dalam medium susu kedelai.

14. Setelah diinokulasi dengan starter susu kedelai diinkubasi pada suhu 370C selama 18 jam.

Posting Komentar untuk "Cara dan bahan Pembuatan Soygurt"