Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian PENGGILINGAN

"Sang Landep"
Penggilingan pada bahan pangan mempunyai bentuk mesin yang bervariasi. Penggilingan adalah proses memperkecil ukuran atau pemotongan partikel yang semula berukuran besar setelah digiling akan berubah menjadi ukuran yang lebih kecil. Berbagai tipe peralatan penggilingan dipergunakan pada industri pangan tetapi yang tradisional biasanya telah dianggap bahwa alat ini dilengkapi aksi yang khas, yang disesuaikan dengan istimewa pada hasil, apabila diperlukan.Pada mumnya mesin penggiling sederhana seperti susunan pisau berputar.Penggilingan cepat pada dasarnya ada roda yang berputar, dipergunakan untuk menggiling coklat atau manisan coklat.(Affandi, 1980).

Penggilingan merupakan proses penghancuran produk ke dalam mesin penghancur khusus, dengan tujuan agar di hasilkan potongan-potongan sesuai dengan bentuk yang di inginkan. Pada dasarnya alat penggiling dapat di bagi menjadi dua kelas yaitu penggiling dan pengasah. Pada kelas pertama /aksi utama adalah tekanan, yaitu pengasahan di gabungkan dengan dengan pengguntingan dengan gaya tekanan. Cara-cara penggilingan pada beberapa produk, ada yang mengalami dua tahap penggilingan saja dan ada yang mengalami lebih dari dua tahapan penggilingan. Hal tersebut pada hakikatnya bertujuan membuat potongan yang sangat halus, seperti pita atau bentuk lain dari penggunaan mesin penggiling itu sendiri. Penggilingan gerakan dan penggilngan gas berputar adalah peralatan berat dan tidak digunakan dalam industri pangan secara intensif. Penggilingan berputar terdiri dari rangka kerucut pepat, disisi sebuah kepala penggiling, berputar secara eksentrik. Kepala penggiling di bentuk sebuah kerucut terbalik dan bahan yang akan digiling tertahan antara kerucut luar yang tetap dan kerucut dalam yang bergerak naik turun. Berbagai tipe peralatan penggiling di gunakan pada industri pangan, tetapi yang tradisional dan biasanya telah dianggap bahwa alat ini melengkapi aksi yang khas yang di sesuaikan dengan aksi yang istimewa pada hasil pengolahan apabila di perlukan. Selang peralatan penggiling sangat lebar. Bawasanya bahan di gunting antara rangka yang tetap dan kepala yang berputar, selalu dengan rangka tetap dan kepala yang berputar , selalu hanya dengan jarak yang sangat halus antara keduanya (Kartasapoetra, 1989).

Mesin penggiling sekunder hampir sama dengan penghancuran silinder hampir sama dengan penghancuran sekunder berpermukaan yang halus atau silinder yang berpermukaan sedikit bergelombang dan berputar pada kecepatan yang berbeda. Alat ini sangat umum dipergunakan untuk menggiling tepung. Oleh karena bentuknya sederhana, ukuran maksimum partikel yang dapat lolos antara silinder dapat diatur (Hudaya, 1982).

Pengggilingan geraham dan gas berputar adalah peralatan berat dan tidak dipergunakan dalam industri pangan secara intensif. Mekanisme penggilingan geraham yaitu bahan dimasukkan dalam antara dua geraham berat, yang satu tetap dan yang lain turun naik seperti pengerjaan bahan jatuh ke dalam ruangan dengan kedalaman sempit, kemudian menggiling bahan ketika bahan bergerak (Sutarno, 1989).

Posting Komentar untuk "Pengertian PENGGILINGAN"