Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi GORENG SANGAN

"Sang Landep"
Goreng sangan adalah suatu proses penggorengan yang dilakukan tanpa menggunakan minyak, tetapi menggunakan panas dari sumber panas misalnya kompor. Saat ini penggunaan minyak sudah banyak dilakukan seperti memasak, menggoreng, merebus atau cara pemanasan lain. Dengan perlakuan tersebut terjadi perubahan keadaan pada bahan baik fisik maupun kimiawi, sehingga bahan makanan yang telah dimasak telah lebih tahan selama beberapa hari. Pada dasarnya pemindahan panas dapat terjadi secara konversi, konduksi dan radiasi(Wijanto,1976).

Goreng sangan merupakan cara pemasakan bahan makanan dengan radiasi panas, dimana dengan perlakuan-perlakuan tersebut terjadi perubahan keadaan bahan makanan, baik sifat fisik maupun sifat kimiawinya sehingga keadaan bahan pangan ada yang menjadi lunak dan enak dimakan. Dengan pemanasan maka sebagian besar mikroorganisme dan enzim mengalami kerusakan, sehingga bahan yang telah di masak lebih tahan lama beberapa hari. Untuk pengorengan sangan, di gunakan radiasi panas diman terjadi secara secara pancaran dan berlangsung secara radiasi. Namun bertolak dari itu dalam goreng sangan ini di peroleh dari kompor gas. Proses pengorengan sangan bisanya dilakukan pada bahan Jinis biji-bijian seperti kacang tanah. Dalam hal ini alat pengorengan yang di gunakan terhadap otoklaf tipe vertikal ataupun tipe horizontal. Pada dasarnya pengorengan sangan dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, yang terpenting adalah pemrosesan yang benar (annonymous, 1970 ).

Alat-alat pematang yang umum di gunakan antara lain ketel dan otoklaf. Adapun alat yang lebih baik yaitu pressure cooker. Prinsip kerja dari pressure cooker hampir sama dengan otoklaf. Kalau pressure cooker biasanya di gunakan dalam rumah tangga, sedangkan otoklaf digunakan dalam industri atau di dalam laboraturium. Ada dua type otoklaf yaitu vertikal dan horizontal. Untuk beberapa jenis makanan misalnya kacang polong dan kacang tanah, penggorengan yang di lakukan adalah sedemikian rupa sehingga tidak terjadi perubahan dalam penampakan ataupun kehillangan rasa sedap. Untuk jagung misalnya pemanasan yang tinggi tidak berpengaruh begitu banyak terhadap sifat bahan. Akan tetapi pada kacang tanah jenis polong-polongan, pemanasan dengan sumber panas yang tinggi dapat menyebabkan kegosongan (Soedijanto, 1971 ).

Alat goreng sangan adalah salah satu alat yang digunakan untuk penggorengan tanpa menggunakan minyak, tapi menggunakan panas radiasi dari silinder luar yang dipanasi oleh kompor (AAK. 1989).

Posting Komentar untuk "Definisi GORENG SANGAN"