Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi PRESS (EXTRACTING)

"Sang Landep"
Sari buah adalah suatu cairan yang merupakan hasil pengepresan buah. Sari buah nanas merupakan sari buah yang sangat baik sekali, karena mempunyai rasa, flavour, dan aroma yang enak, lezat dan harum dimana kadar asam dan gulanya seimbang dengan flavournya. (Muljohardjo, 1983).

Pengepressan atau ekstraksi adalah suatu cara untuk mendapatkan minyak atau lemak dari bahan yang diduga mengandung minyak atau lemak. Adapun cara ekstraksi ini bermacam-macam yaitu rendering, wet rendering. Rendering adalah suatu ekstaksi minyak dari bahan yang diduga mempunyai minyak dengan kadar air yang tinngi. Wet rendering adalah proses rendering dengan penambahan sejumlah air selama proses tersebut(Muldjhoharjo, 1983).

Ekstrasi merupakan pemindahan komponen dari suatu aliran bahan cair. Penganalisaan operasi ekstrasi tergantung pada perkembangan dan kondisi bahan yang di ekstrasi. Pada ekstrasi suatu bahan padat yang larut, penganggapan bahwa semua bahan yang larut dilarutkan dalam satu tahap, akan mempengaruhi penyelesaian pemisahan yang du kehendaki. Akan tetapi adalah tidak mungkin untuk mengepres seluruh bahan cair dari bahan padat. Oleh karena bahan padat menahan sebagian cairan yang telah diekstrasi dan kandungan bahan ekstrasi yang terlarut di dalam larutan yang tertahan itu harus sangat menurun sesuai dengan tahap-tahap pengepresan. Pengepresan dapat digunakan alat seperti roller pengepresan , expeller dan press hidrolik. Sebagai contohnya daging buah kelapa parutan di press untuk mendapatkan santannya dan buah nanas irisan di pres untuk mendapatkan sari buahnya ( Panoesastro, 1975 ). Pengepresan dapat dilakukan sampai beberapa kali sampai beberapa kandungan cairan hasil ektrasinya habis dan setiap kali akan mulai mengekstrasi lagi maka dapat ditambahi air secukupnya. Alat press roller memiliki permukaan yang kasar, sehinga hasil santan dan seridu. Expeller di gunakan sebagai pengepresan pendahuluan karena pada proses ini tidak sama minyak dapat keluar dari bahan. Expeller berbentuk silinder dan di dalamnya terdapat ruang press. Di dalam ruang press terdapat suatu sumbu yang berbentuk kones yang dapat berputar seperti lingakarn sekrup. Adanya tekanan diantara sekrup-sekrup mengakibatkan tekanan yang makin kebelakang semakin kuat. Pada lubang masuk terdapat sekrup pembawa bahan dan sekrup pembawa diatur lebih cepat dari putaran sumbu expeller. Ekpeller yang berbentuk kones terdapat pada ujung sumbu dan tekanannya diatur sesuai kebutuhan ( Rismunadar, 1986 ).

Posting Komentar untuk "Definisi PRESS (EXTRACTING)"