Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PANEN BUAH Pisang dan Jeruk

"Sang Landep"
Buah klimakterik (dalam hal ini adalah buah pisang) dipanen saat mencapai pertumbuhan maksimun (mature) tetapi belum matang (unripe) (Sjaifullah, 1996).

Santosa et al. (2005) mengukur nilai kebulatan (sphericity) buah jeruk pada kondisi matang di pohon, dan diperoleh nilai sebesar 0,96.

Deswita (2005) mengamati kisaran nilai kebulatan pisang kepok dan pisang raja sereh, diperoleh berturut-turut 0,453-0,467 dan 0,386-0,394. Densitas buah pisang meningkat pada kondisi umur petik 20 hari menjelang tua penuh ke kondisi 10 hari menjelang tua penuh. 

Parameter mutu fisik buah yang menentukan saat pemanenan yang tepat antara lain tekstur, kekerasan atau kepadatan, berat jenis, kandungan sari buah (juice), warna kulit, kesegaran dan kebersihan kulit, warna daging buah, ukuran, dan bentuk buah (Sjaifullah, 1996). 

Sedangkan parameter mutu buah secara kimiawi meliputi kandungan pati, kandungan gula, keasaaman, kandungan lemak, protein, vitamin, dan mineral. Pisang biasa dipanen apabila sisir pertama pada tandan sudah terdapat 1-2 buah yang menguning. Pada saat itu pertumbuhan buah sudah mencapai atau mendekati maksimum, artinya tidak akan membesar lagi (Sjaifullah, 1996).

Ciri-ciri kematangan buah jeruk keprok (Citrus reticulata Louri) adalah 20- 40 % bagian buahnya berwarna kuning, bagian ujung buah empuk atau elastis, dan cekung ke dalam, bila dijentik dengan jari maka bunyinya sudah tidak nyaring (Sjaifullah, 1996).
Menurut Nazaruddin dan Muchlisah (1996), cirir-ciri buah jeruk siap panen adalah : (a) kulit buah berubah dari hijau menjadi kekuningan atau menjadi kuning kemerahan tergantung jenisnya, (b) buah tidak keras dan padat lagi, (c) jika dijentik dengan jari, bagian bawah buah terasa empuk, dan (d) rasa buah enak dan segar.

Buah pisang yang sudah tua memiliki ciri fisik : (a) buah tampak padat berisi, bagian ujung buah (lingir) yang terolihat pada buah muda sudah tidak ada lagi, tangkai di putik pun sudah hilang, (b) warna kulit buah berubah, dari hijau menjadi kekuningan, dan (c) pada tingkat kemasakan penuh, terlihat beberapa buah pada tandan sudah masak. 

Menurut Direktorat Jendral Pertanian Tanaman Pangan (1994), parameter terbaik untuk menentukan kriteria panen adalah kadar padatan terlarut dan nisbah padatan terarut terhadap asam (nisbah P/A). Pengukuran kadar padatan terlarut dapat dilakukan dengan alat hidrometer Brix atau alat refraktometer, sadangkan kadar asam dapat diukur dengan cara titrasi. Nilai nisbah P/A minimum untuk buah jeruk orange adalah 8. Pada umumnya konsumen menyukai karakteristik buah jeruk yang mempunyai nisbah P/A anatara 10-16. Kriteria panen untuk jeruk keprok maupun jeruk orange adalah : (a) warna kulit buah sudah berubah warna, (b) permukaan kulit buah halus, dan (c) tekstur agak lunak.

DAFTAR PUSTAKA

Badan Pusat Statistik Propinsi Sumatera Barat. 2005. Sumatera Barat Dalam Angka 2004/2005. Padang.

Deswita, Dona. 2005. Studi Faktor Umur Panen dan Pemeraman pada Buah Pisang terhadap Beberapa Parameter Sifat Fisik Buah Pisang. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Padang.

Direktorat Jendral Pertanian Tanaman Pangan. 1994. Penuntun Budidaya Buah- buahan (Jeruk). Departemen Pertanian. Jakarta. Instalasi Penelitian dan Pengajian Teknologi Pertanian Ujung Pandang. 1977. Penanganan Pascapanen Buah-buahan. Departemen Pertanian. Ujung Pandang.

Nazaruddin dan F. Muchlisah. 1996. Buah Komersial. Cetakan Kedua. Jakarta. Penebar Swadaya.

Rismunandar. 1989. Beratanam Pisang. Cetakan Ketiga. Bandung. Penerbit C.V. Sinar Baru.

Santosa, Andasuryani, dan Azmi Hidayat. 2005. Studi Sifat Fisik Buah Klimakterik dan Nonklimakterik pada Beberapa Umur Penyimpanan. Jurnal Teknologi Pertanian Andalas. Vol. 8, No 1, September 2005, hal. 46-56.

Sjaifullah. 1996. Petunjuk Memilih Buah Segar. Cetakan Pertama. Jakarta. P.T. Penerbit Swadaya.

Syukri, Ikhwan. 2005. Modifikasi dan Uji Teknis Alat Pemilah (Grader) Jeruk Sistem Pedal dengan Sumber tenaga Manusia. Skripsi. Fakultas Pertanian Universitas Andalas. Padang.

Posting Komentar untuk " PANEN BUAH Pisang dan Jeruk"