Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

16 TIPS DALAM PEMBUATAN CAKE / Bolu

"Sang Landep"
Cake atau bolu merupakan makanan yang sangat enak karena teksturnya yang kas dan banyak varian rasa, cake menjadi salah satu primadona ketika ada acara seperti pesta, hajatan dll. supaya mendapatkan hasil maksimal dalam membuat cake berikut tips - tips dalam pembuatan cake:


1. Jangan mengaduk adonan cake pada wadah yang permukaannya besar dan lebar dan jumlah cairannya sedikit, akan berakibat waktu kocok adonan 3 kali lebih lama.
2. Usahakan menggunakan telur ayam negri yang masih baru kira - kira umur maksimum 3 hari setelah ayam bertelur,sebab bila umur telur sudah diatas 3 sampai dengan 7 hari kepekatan telur berkurang dan encer, sehingga perlu penambahan cake emulsifier lebih banayak.
3. Usahakan tempat untuk mengocok adonan terutama telur bersih dari minyak, karena bila ada sedikit minyak, adonan sulit untuk mengembang. Bila menggunakan coklat bubuk dalam adonan diusahakan coklat bubuknya diayak bersamaan dengan tepung terigu yang digunakan, karena bisa menyebabkan tidak rata dan coklatnya berbutir-butir dalam adonan.
5. Waktu pengocokan tidak pernah sama, jadi jangan berpatokan menit, usahakan menggunakan ujung jari untuk dimasukkan kedalam adonan dan jari ditegakkan sehingga adonan bisa berdiri tegak, bila masih cair adonan harus dikocok kembali.
6. Bila ketebalan cake tipis usahakan temperature oven setinggi mungkin.
7. Bila ketebalan cake tinggi usahakan temperature oven rendah.
8. Lapisan dasar loyang seyogyanya menggunakan kertas, jangan dipoles/ditaburi tepung karena bila dipoles /ditaburi tepung bagian bawah cake akan tebal dan juga seringkali lengket.
9. Bagian samping loyang tidak perlu dipoles, karena bila dipoles cake akan berpinggang.
10. Jangan menggunakan telur yang baru keluar dari lemari es, karena telur yang keluar dari lemari es biasanya telurnya lebih encer.
11. Bila menambahkan pewarna yang cair usahakan dimasukkan pada saat adukan pertama, karena bila adonan sudah jadi dan diberi warna akan berakibat cake volumenya tidak maksimal.
12. Usahakan bila menambahkan margarine cair harus dalam keadaan dingin, karena bila panas cake yang dihasilkan teksturnya jadi kasar.
13. Usahakan cake dalam keadaan dingin selama 2 jam sebelum cake diberi polesan selai atau butter cream, sebab bila masih panas butter cream akan leleh, juga cake jadi tidak tahan lama.
14. Bila kita membuat cake dan harus disimpan dalam waktu yang lama, masukkan cake kedalam freeser, setelah dibungkus plastik, cake akan tahan lebih dari 5 minggu.
15. Usahakan oven sudah dalam keadaan panas sebelum cake dibakar, begitu juga untuk kukusan harus sudah panas sebelum bolu kukus dikukus.
16. Jangan memasukkan beberapa jenis buah - buahan yang berlendir didalam adonan cake untuk isiannya, sebab akan membuat cake tidak tahan lama.

Posting Komentar untuk "16 TIPS DALAM PEMBUATAN CAKE / Bolu"