COACHING AND COUNSELING "Concept, Strategy & Implementation"
"Sang Landep"
T rainer : Dr. Ir. KIRBRANDOKO,
MSM
fields OF EXPERTISE
Jakarta, 4 Desember 2013 - 5 Desember
2013
Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x
coffee break, makan siang dan sertifikat
PENGANTAR
Tidak jarang dalam Perusahaan terjadi permasalahan
yang menyangkut kinerja dari karyawan baik sebagai individu maupun dalam
kelompoknya. Menyikapi permasalahan ini hendaknya Perusahaan mampu
mengambil langkah yang proaktif dengan memberikan coac hing ataupun
counseling bagi karyawan yang bersangkutan, untuk mempertahankan kinerjanya
agar selalu optimal.
coac hing atau Counseling yang dimaksud merupakan
bimbingan dan masukkan kepada karyawan yang bersangkutan agar mampu
untuk meningkatkan ketrampilan kerja maupun pemahaman
aspek-aspek kerja dilingkungan dimana Ia berada, agar dengan demikian
sinergi dengan kelompoknya dapat ditingkatkan.
Seorang manajer yang baik adalah yang dapat
mengidentifikasi potensi dari anak buah, memberi kesempatan untuk
memaksimalkan potensi dan mampu mengarahkan untuk dapat mencapai
kinerja optimal. Untuk dapat mengarahkan anak buah secara efektif, maka
seorang manajer harus memiliki kemampuan dalam hal coac hing,
counseling dan mentoring (CMC). Fungsi ini dilakukan dengan cara
mengamati, menilai, mengarahkan , memberi contoh, membimbing dan
melakukan interaksi dengan cara yang efektif. Training ini bertujuan
untuk memberikan pemahaman dan ketrampilan tentang konsep dan
aplikasi coac hing, counseling dan mentoring (CMC) yang efektif
sehingga manajer atau supervisor dapat mengoptimalkan perannya dalam
memimpin anak buah/ karyawan.
TUJUAN PELATIHAN:- Peserta akan mendapatkan pemahaman dari apa yang dimaksud dengan coac hing & Counseling.
- Peserta memahami perbedaan pemahaman coac hing & Counseling.
- Peserta dapat memahami prinsip-prinsip coac hing & Counseling dan bagaimana mengaplikasikannya.
- Memahami berbagai jenis coac hing & Counseling dan kapan harus menggunakannya.
- Mampu mengembangkan kinerja karyawan untuk mencapai hasil yang lebih baik.
- Membantu karyawan untuk menemukan cara-cara terbaik dalam melaksanakan pekerjaannya.
- Meningkatkan peluang agar karyawan mampu menerapkan ketrampilan baru guna menunjang kinerjanya
1. Introduction to Mentoring, coac hing, and
Counseling
- Define mentoring, coac hing, and counselling
- When conducting Mentoring, coac hing and Counselling
- Who can be as mentor, coac h and councellor
3. Fundamentals of Effective coac hing
- TOPIC model
- Relationships
- Motivating people to become a high performer
- Being an inspiring leaders
- Creating accelerated learning environment
- Self-development
- Language
- Attitude
- leadersships
- coac h high potential employees
- People problem
- Problem problem
- Role play
- Steps and techniques
- Do’s and don’ts
- Approaches
- Listening skills
- Questioning
- Giving/obtaining feedback
- Problem solving
- Critical thinking and creativity
- anxiet y, fear, anger, depressions and hopelessness
- Attitude problems
- Poor performers
- Other business ethics related concern
- Concern
fields OF EXPERTISE
- Strategic Management
- Marketing & Sales Management
- Business Communication & People Management
- Managing Partner, IMMI Management Training & Consulting, since 1991.
- PT. INFIAD (Institute for Indonesian Agroindustry Development) - shareholder
- Lecturer of Marketing Management and Strategic Management at Graduate Program, School of Management and Business – Institut Pertanian Bogor, IPB.
- Lecturer of Principles of Management at School of Business and Management - Institut Teknologi Bandung, ITB.
- Lecturer of Agribusiness Management at Magister Management Program - UIN Syarief Hidayatullah.
- Lecturer of Marketing Management at Magister Management Program - Universitas Mercu Buana.
- Speaker on various seminars on Marketing Management, Strategic Management, and Business Communication.
- Program leaders of management in-house training (strategic management; marketing management; salesmanship; supervisory leadersship; problem solving & decision making, training for trainers, negotiation skills; customer service excellence; coac hing, counseling & mentoring): PT. Adhimix Precast Indonesia, PT. Agung Automall, PT Asian Appraisal Indonesia, PT. Astra Daihatsu Motor, PT. Asuransi Jasa Indonesia, PT. Asuransi Ramayana, PT Arun LNG, PT Indosat Tbk, PT Indosat Mega Media, PT Astra Agro Lestari Tbk., PT. Pelabuhan Indonesia-I, PT Timah Tbk., PT HMS Sampoerna Tbk., Kelompok Kompas Gramedia, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Sriwijaya, PT Pupuk Kaltim, PT Kaltim Metanol Industry, Indomobil Group, PT Kramayudha Tiga Berlian, PT Samudera Indonesia, PT. Summit Auto Group, Bank Indonesia, Bank BRI, Bank Ekonomi, Bank Permata, PT Voksel Electric, TRANS T V, TRANS7, PT. Total E&P Indonesie.
- Management Consulting:
- Nara Sumber dan Tim Perumus: Pengembangan Agroindustri di Wilayah Pemukiman Transmigrasi, Direktorat P2MKT Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi
- Evaluation of Bayer Protection Program 2012/2013
- Strategi Pengembangan Pulau2 Terpencil dan Terluar, Kementrian Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal
- Strategic Plan 2011-2014 – Pusat Promosi Kesehatan, Kementrian Kesehatan.
- Developing Service Exellence – Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK).
- Startegic Planning, Lembaga Pengembangan Masysrakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) 2010-2014.
- Developing of e ducation, Training and Research Organization, Bank Indonesia
- Human Resource Mapping, Universitas Indonesia (UI-BHMN)
- Technical Assistant, QUE – Project, Department of Food Technology, Faculty of Agricultural Technology, IPB Bogor
- Training Needs Assesment, PT Timah Tbk.
- Strategic Planning, Sismadi Group
- Developing Standard Operation Procedure (SOP), T VRI
- Perencanaan Jangka Panjang (Long-range Planning), PT Karya Nusantara
1981 – 1991: Lembaga Pendidikan dan
Pembinaan Manajemen (LPPM), Jakarta.
- Position: Department Head - Strategic Management
1976 – 1980: Bank Rakyat Indonesia:
Jakarta, Jogja, Wonosari,Karawang, Palembang.
- Position: Section Head of BRI Branch Office Development,South Sumatera.
1975 – 1976: PT Condong Garut,
Perkebunan Kelapa Sawit, Garut –Jawa Barat
- Position: Head of lands Clearing Department
- docto r in Technology of Agriculture Industry, Institut Pertanian Bogor – IPB, Bogor
- Master of Science in Management (MSM) in Strategic Management, Arthur D’Little Management e ducation Institute (ADL-MEI), Cambridge, Massachussetts – USA
- Agriculture Engineer (Insinyur), Faculty of Agricultural Technology, Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor.
- 2010: Sustainable Business Development – Training for Trainers, Maastricht School of Management
- 2010: Lokakarya Akademik – Program Studi Doktor Manajemen dan Bisnis, Institut Pertanian Bogor
- 2010: Lokakarya Akademik – Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis, Institut Pertanian Bogor
- 2010: Round Table Indonesia – Sustainable Business Development, Maastricht School of Management
- 2003 : Analytical Hierarchy Network, an approach for complex decision making, Pittsburg University – Jakarta.
- 1997 : Strategic leadersship & Targeted Management, Certified Instructor. Development Dimension International (DDI), USA – Jakarta.
- 1997 : Interaction Management, Certified Instructor. Development Dimension International (DDI), USA – Jakarta.
- 1995 : Expertise in Negotiation – The Harvard Way, National University of Singapore – Jakarta.
- 1990 : Program for Indonesian Entrepreneurs (PINE). AOTS ( The Association for oversea s Technical Scholarship), Osaka – Japan.
- 1989 : Workshop on Export Marketing Training Development. ITC – UNCTAD, Manila – Phillipines.
Investasi : Rp 3.000.000 termasuk ( Souvenir, Flash
disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan
sertifikat )
Posting Komentar untuk "COACHING AND COUNSELING "Concept, Strategy & Implementation""