Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

COACHING AND COUNSELING "Concept, Strategy & Implementation"

"Sang Landep"
Jakarta, 4 Desember 2013 - 5 Desember 2013
Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat
PENGANTAR
Tidak jarang dalam  Perusahaan terjadi permasalahan yang menyangkut kinerja dari karyawan baik sebagai individu maupun dalam kelompoknya. Menyikapi permasalahan ini hendaknya Perusahaan mampu mengambil langkah yang proaktif dengan memberikan coac hing ataupun counseling bagi karyawan yang bersangkutan, untuk mempertahankan kinerjanya agar selalu optimal.
coac hing atau Counseling yang dimaksud merupakan bimbingan dan masukkan kepada karyawan yang bersangkutan agar mampu untuk  meningkatkan ketrampilan kerja maupun pemahaman  aspek-aspek kerja dilingkungan dimana Ia berada, agar dengan demikian sinergi dengan kelompoknya dapat ditingkatkan.
Seorang manajer yang baik  adalah yang dapat mengidentifikasi potensi  dari anak buah, memberi kesempatan untuk memaksimalkan potensi dan  mampu mengarahkan untuk dapat mencapai kinerja optimal. Untuk dapat mengarahkan anak buah secara efektif, maka seorang manajer harus  memiliki kemampuan dalam hal coac hing, counseling dan mentoring (CMC). Fungsi ini dilakukan dengan cara  mengamati, menilai, mengarahkan , memberi contoh, membimbing dan melakukan interaksi dengan cara  yang efektif. Training ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan ketrampilan tentang konsep dan aplikasi  coac hing, counseling dan mentoring (CMC) yang efektif sehingga manajer atau supervisor dapat mengoptimalkan perannya dalam memimpin anak buah/ karyawan.
TUJUAN PELATIHAN:
  1. Peserta akan mendapatkan pemahaman dari apa yang dimaksud  dengan coac hing & Counseling.
  2. Peserta memahami perbedaan pemahaman coac hing  & Counseling.
  3. Peserta dapat memahami prinsip-prinsip coac hing & Counseling dan bagaimana mengaplikasikannya.
  4. Memahami berbagai jenis coac hing & Counseling  dan kapan harus menggunakannya.
MANFAAT PELATIHAN:
  1. Mampu mengembangkan kinerja karyawan untuk mencapai hasil yang lebih baik.
  2. Membantu karyawan untuk menemukan cara-cara terbaik dalam melaksanakan pekerjaannya.
  3. Meningkatkan peluang agar karyawan mampu menerapkan ketrampilan baru guna menunjang kinerjanya
MATERI
1. Introduction to Mentoring, coac hing, and Counseling
  • Define mentoring, coac hing, and counselling
  • When conducting Mentoring, coac hing and Counselling
  • Who can be as mentor, coac h and councellor
2. Key Principles of Effective Mentoring
3. Fundamentals of Effective coac hing
  • TOPIC model
  • Relationships
  • Motivating people to become a high performer
  • Being an inspiring leaders
  • Creating accelerated learning environment
4. Keys to Successful coac hing
  • Self-development
  • Language
  • Attitude
  • leadersships
  • coac h high potential employees
5. Effective Counseling Practices
  • People problem
  • Problem problem
  • Role play
6. Conducting Counseling for Positive Impact
  • Steps and techniques
  • Do’s and don’ts
7. Essential Skills for Effective Mentoring, coac hing, and Counseling
  • Approaches
  • Listening skills
  • Questioning
  • Giving/obtaining feedback
  • Problem solving
  • Critical thinking and creativity
8.  Handling Emotions and Conflict
  • anxiet y, fear, anger, depressions and hopelessness
  • Attitude problems
  • Poor performers
  • Other business ethics related concern
  • Concern
T rainer : Dr. Ir. KIRBRANDOKO, MSM
fields OF EXPERTISE
  • Strategic Management
  • Marketing & Sales Management
  • Business Communication & People Management
PROFESSIONAL EXPERIENCES
  • Managing Partner, IMMI Management Training & Consulting, since 1991.
  • PT. INFIAD (Institute for Indonesian Agroindustry Development) - shareholder
  • Lecturer of  Marketing Management and Strategic Management at Graduate Program, School of  Management and Business  – Institut Pertanian Bogor, IPB.
  • Lecturer of  Principles of Management at School of  Business and Management - Institut Teknologi Bandung, ITB.
  • Lecturer of Agribusiness Management at Magister Management Program - UIN Syarief Hidayatullah.
  • Lecturer of  Marketing Management at Magister Management Program - Universitas Mercu Buana.
  • Speaker  on various seminars on Marketing Management, Strategic Management, and Business Communication.
  • Program leaders of  management in-house training (strategic management; marketing management; salesmanship; supervisory leadersship; problem solving & decision making, training for trainers, negotiation skills; customer service excellence; coac hing, counseling & mentoring): PT. Adhimix Precast Indonesia, PT. Agung Automall, PT Asian Appraisal Indonesia, PT. Astra Daihatsu Motor, PT. Asuransi Jasa Indonesia, PT. Asuransi Ramayana, PT Arun LNG, PT Indosat Tbk, PT Indosat Mega Media, PT Astra Agro Lestari Tbk., PT. Pelabuhan Indonesia-I, PT Timah Tbk., PT HMS Sampoerna Tbk., Kelompok Kompas Gramedia, PT Petrokimia Gresik, PT Pupuk Sriwijaya, PT Pupuk Kaltim, PT Kaltim Metanol Industry, Indomobil Group, PT Kramayudha Tiga Berlian, PT Samudera Indonesia, PT. Summit Auto Group, Bank Indonesia, Bank BRI, Bank Ekonomi, Bank Permata, PT Voksel Electric, TRANS T V, TRANS7, PT. Total E&P Indonesie.
  • Management Consulting:
    1. Nara Sumber dan Tim Perumus: Pengembangan Agroindustri di Wilayah Pemukiman Transmigrasi, Direktorat P2MKT Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi
    2. Evaluation of  Bayer Protection Program 2012/2013
    3. Strategi Pengembangan Pulau2 Terpencil dan Terluar, Kementrian Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal
    4. Strategic Plan 2011-2014 – Pusat Promosi Kesehatan, Kementrian Kesehatan.
    5. Developing Service Exellence – Lembaga Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (LPMAK).
    6. Startegic Planning, Lembaga Pengembangan Masysrakat Amungme dan Kamoro (LPMAK) 2010-2014.
    7. Developing of e ducation, Training and Research Organization, Bank Indonesia
    8. Human Resource Mapping, Universitas Indonesia (UI-BHMN)
    9. Technical Assistant, QUE – Project, Department of Food Technology, Faculty of Agricultural Technology, IPB Bogor
    10. Training Needs Assesment, PT Timah Tbk.
    11.  Strategic Planning, Sismadi Group
    12.  Developing Standard Operation Procedure (SOP), T VRI
    13.  Perencanaan Jangka Panjang (Long-range Planning), PT Karya Nusantara
1981 – 1991: Lembaga Pendidikan dan Pembinaan Manajemen (LPPM), Jakarta.
  • Position: Department Head -  Strategic Management
1976 – 1980: Bank Rakyat Indonesia: Jakarta, Jogja, Wonosari,Karawang, Palembang.
  • Position: Section Head of BRI Branch Office Development,South Sumatera.
1975 – 1976: PT Condong Garut, Perkebunan Kelapa Sawit, Garut –Jawa Barat
  • Position: Head of lands Clearing Department
e ducation
  • docto r in Technology of Agriculture Industry, Institut Pertanian Bogor – IPB, Bogor
  • Master of Science in Management (MSM) in Strategic Management, Arthur D’Little Management e ducation Institute (ADL-MEI), Cambridge, Massachussetts – USA
  • Agriculture Engineer (Insinyur), Faculty of Agricultural Technology, Institut Pertanian Bogor (IPB), Bogor.
SEMINAR
  • 2010: Sustainable Business Development – Training for Trainers, Maastricht School of Management
  • 2010: Lokakarya Akademik – Program Studi Doktor Manajemen dan Bisnis, Institut Pertanian Bogor
  • 2010: Lokakarya Akademik – Program Pascasarjana Manajemen dan Bisnis, Institut Pertanian Bogor
  • 2010: Round Table Indonesia – Sustainable Business Development, Maastricht School of Management
  • 2003 : Analytical Hierarchy Network, an approach for complex decision making, Pittsburg University – Jakarta.
  • 1997 : Strategic leadersship & Targeted Management, Certified Instructor. Development Dimension International (DDI), USA – Jakarta.
  • 1997 : Interaction Management, Certified Instructor. Development Dimension International (DDI), USA – Jakarta.
  • 1995 : Expertise in Negotiation – The Harvard Way, National University of Singapore – Jakarta.
  • 1990 : Program for Indonesian Entrepreneurs (PINE). AOTS ( The Association for oversea s Technical Scholarship), Osaka – Japan.
  • 1989 : Workshop on Export Marketing Training Development. ITC – UNCTAD, Manila – Phillipines.
Investasi : Rp 3.000.000 termasuk ( Souvenir, Flash disk, materi hand-out dan CD modul, 2x coffee break, makan siang dan sertifikat )

Posting Komentar untuk "COACHING AND COUNSELING "Concept, Strategy & Implementation""