Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pak-Sian-Dong Thailand

"Sang Landep"
Pak-sian-dog adalah suatu pikel sayur-sayuran daun yang sangat terkenal di Thailand dengan cara pembuatan yang sederhana. Sayur-sayuran degar yang dicuci bersih dengan air dan kemudian ditebarkan di udara terbuka atau dijemur disinar matahari sampai layu dengan sempurna. Selanjutnya sayuran tersebut dimasukkan kedalam wadah lalu dicampur dengan air, garam dan gula yang ditutup rapat. Untuk 1 kg sayuran ditambahkan sekitar 50 gr garam 60 gr gula dan 1 liter air. Apabila diperlukan untuk mengurangi rasa pahit sayuran tersebut direndam air atau larutan garam selama satu malam; setelah air perendamanya dibuang, ditambahkan air segar, gula dan garam tersebut diatas. Dalam hal ini penggunaan gula tebu dan gula merah lebih disukai dari pada gula pasir oleh karena dapat meningkatkan cita-rasa dari produk akhir.

Pada umumnya, proses fermentasinya berlansung secara alami pada uhu kamar selama 2 sampai dengan 3 hari. Pada stadium akhir larutan perendamannya mempunyai pH sekitar 3,90 dengan keasaman berkisar 0,7% dan 0,8% asam laktat. Evaluasi mikrobiologi menjunkkan bahwa galur-galut heterofermentatif dan homofermentatif dari laktobasili terdapat pada pak-sian-dog. Spesies-spesie bakteri asam laktat yang telah diisolasi pak-sian-dog adalah Leuconostoc mesenteroides, Pediococcus cerevisiae, Lactobacillus buchneri dan Lactobacillus fermentum.

Produk-produk sayuran fermentasi lain jenis pak-sian-dog adalah Naw-mai-dong (rebung fermentasi) dan Hom-dong (bawang merah fermentasi). Mikroorganisme yang berperan pada fermentasi kedua jenis produk ini sama seperti pada fermentasi sayur- sayuran beragam secara universal. Spesies-spesies bakteri asam laktat yang telah diisolasi dari Naw-mai-dong dan Hom-dong adalah Leuconostoc mesenteroides, Pediococcus cerevisiae, Lactobacillus buchneri dan Lactobacillus fermentum.

Posting Komentar untuk "Pak-Sian-Dong Thailand"