Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8 Tips dalam pembuatan donat

"Sang Landep"
Roti bulat - bulat ada lubang tengahnya yaitu Donat yang memiliki banyak sekali virian rasa dan toping membuat orang meilihatnya langsung tertarik untuk memakannya. Donat yang baik dan memiliki rasa yang sangat enak pasti memiliki serangkain proses yang harus diperhatikan supaya hasil maksimal. 

Berikut tips dalam pembuatan DONAT.
1. Bila ingin donat lembut dan empuk telur yang digunakan adalah kuningnya saja
2. tambahkan margarine lebih banyak bila jumlah telurnya berkurang/terlalu banyak putih telurnya
3. Bila ingin volume donat yang maksimal dan hasil maksimal diusahakan dalam proses pengadukan harus betul - betul kalis, cara pengadukannyapun harus benar, jumlah tenaga yang dikeluarkan harus seimbang dengan jumlah protein dalam tepung. semakin tinggi proteinnya, tenaga yang dikeluarkan juga harus semakin besar, begitu pula sebaliknya.
4. Bila donat banyak menyerap minyak, usahakan dalam proses menggorengnya tidak terlalu sering di bolak balik, jadi dalam menggoreng donat usahakan dalam membaliknya hanya satu kali.
5. Bila donat dalamnya masih mentah dan luarnya sudah hangus berarti minyaknya terlalu panas /  gula dalam resep terlalu banyak.
6. Usahakan hasil gorengan donat ada ring donat (lingkaran putih pada luar donat) tandanya donat sudah siap digoreng, tetapi bila ringnya terlalu lebar berarti donat terlambat dalam menggorengnya, paling idealnya 1 - 2 mm lebar dari ring donat.
7. Donat setelah matang dan dingin bisa disimpan dalam jangka waktu yang lama, asal ditutup dan disimpan dalam freezer, dan bisa bertahan sampai 2 minggu. bila donat akan dikonsumsi, keluarkan donat dari freezer dan istirahatkan pada ruangan biasa selama 10 menit, maka donat akan kembali normal.
8. Untuk memberikan toping coklat pada donat yang baik adalah simpan donat dalam lemari pendingin selama 30 menit, kemudian donat siap ditoping dengan coklat, hasilnya akan lebih maksimal.

Posting Komentar untuk "8 Tips dalam pembuatan donat"