Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ternyata banyak manfaatnya?? Tanaman ROSEMARY si penyedap masakan

"Sang Landep"
Rosemery merupakan tanaman penyedap untuk masakan.  Rosemery ini tidak asing bagi mereka yang suka masak daging, karena tanaman ini sering di tambahkan atau di taburkan saat memasak daging. 
Untuk rosemery sendiri yang digunakan adalah daunnya.  
Daun rosemery bisa di taburkan utuh atau bisa di cincang dulu tergantung selera. 
Baunya yang khas membuat Olahan yang di kasih rosemery bisa menambah daya tarik sendiri. 
Rosemery sering di gunakan saat memasak daging pada saat di buat steak atau barberque. 

Dihimpun dari Wikipedia: Rosemari (Salvia rosmarinus) adalah tumbuhan penghasil rempah-rempah dan bumbu masak dengan nama sama. Oleh generasi Indonesia sekarang, yang tidak mengenal nama bumbu ini dalam bahasa Belanda, ia lebih dikenal dengan nama bahasa Inggrisnya, rosemary. Rosemari biasa dipakai pada kuliner kawasan Laut Tengah, seperti masakan Italia, Yunani/Turki, serta daerah Levantia.

menurut halodoc.com tanaman rosemary ini memiliki 11 manfaat di antaranya:
1. Menjaga kesehatan otak
Rosemary mengandung zat antiradang dan antioksidan yang mampu menurunkan potensi penurunan daya ingat dan gangguan konsentrasi. Kandungan tersebut mampu melancarkan aliran darah menuju otak dan menjaga kesehatan organ tersebut.
2. Meningkatkan pertumbuhan rambut
Kebotakan menjadi salah satu gangguan kesehatan yang terjadi seiring dengan bertambahnya usia. Penggunaan minyak rosemary dapat membantu mencegah kebotakan dengan menstimulasi pertumbuhan rambut.
3. Menjaga kadar gula darah
Manfaat rosemary ini berasal dari kandungan asam karnosik dan asam rosmarinic yang menyerupai hormon insulin. Cara kerjanya dengan menjaga kadar gula darah dalam tubuh tetap stabil, sehingga aman bagi pengidap diabetes.
4. Menjaga kesehatan mata
Antioksidan di dalam rosemary dapat membantu mencegah katarak dan menghambat perkembangannya. Tanaman ini juga mampu memelihara kesehatan mata dan menurunkan potensi sakit mata akibat penuaan, seperti degenerasi makula.
5. Meningkatkan suasana hati
Penggunaan rosemary sebagai aromaterapi atau teh herbal efektif membantu meningkatkan suasana hati. 
6. Meredakan nyeri
Manfaat rosemary ini terjadi berkat zat antiradang yang terkandung di dalamnya. Zat tersebut mampu mengatasi nyeri di sekujur tubuh, termasuk di area sendi, otot dan perut ketika menstruasi.
7. Menangkal radikal bebas
Rosemary juga dapat menangkal radikal bebas berkat kandungan antioksidannya. Nutrisi tersebut bekerja dengan membantu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dengan sendirinya mampu melawan patogen penyebab penyakit.
8. Meningkatkan sistem pencernaan
Rosemary dapat membantu mengatasi gangguan pencernaan atau mulas. Supaya bisa mendapatkan manfaat ini, kamu cukup menambahkan ke dalam makanan.
9. Membantu mencegah penyakit Alzheimer
Alzheimer adalah penyakit pada otak yang berpotensi menyebabkan penurunan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara, serta perilaku. Kondisi tersebut dapat dicegah dengan kandungan antimikroba dalam tanaman.
10. Mencegah kanker
Rosemary bersifat antiinflamasi dan antitumor yang berasal dari ekstrak cairan tanaman. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan ekstrak tanaman herbal ini adalah sel karsinoma dan leukemia.
11. Memperlambat degenerasi makula

Posting Komentar untuk "Ternyata banyak manfaatnya?? Tanaman ROSEMARY si penyedap masakan"