Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyusunan sistem pengawasan untuk masing-masing CCP

"Sang Landep"
"Pengawasan adalah pengukuran atau pengawasan yang terjadwal dari suatu CCP relatif dengan batas kritisnya.”
􀃖 Sistem pengawasan harus mampu mendeteksi seluruh penyimpangan dari pengendalian
􀃖 Pengawasan idealnya harus dapat memberikan informasi ini tepat pada waktunya agar dapat dilakukan penyesuaian yang perlu serta tindakan perbaikan bila mana perlu.
􀃖 Jika mungkin, penyesuaian proses harus dapat dibuat ketika proses pengawasan menunjukkan suatu trend yang mengarah pada hilangnya pengenadalian pada titik-titik kritis, Penyesuaian harus diambil sebelum terjadi penyimpangan.
􀃖 Data yang dihasilkan dari pengawasan harus di etrjemahkan dalam dokumentasi etrtulis dan dievaluasi oleh orang yang berwenang dan memiliki pengetahuan serta kekuasan untuk melakukan tindakan perbaikan bilamana perlu.
􀃖 Jika pengawasan tidak dilakukan terus menerus, maka jumlah atau frekuensi pengawasan harus cukup untuk menjamin bahwa CCP masih dibawah kendali.
􀃖 Semua catatan dan dokumen yang berhubungan dengan pengawasan CCp harus ditandatangani oleh orang yang melakukan pengawasan dan oleh petugas peninjau yang bertanggung jawab dalam perusahaan tersebut.

Metode yang dapat memberikan jawaban yang cepat akan lebih baik untuk digunakan. Hal ini terutama berupa pengamatan fisik, pengukuran fisik atau kimia, Metode mikrobiologi dalam hal ini jarang digunakan sebab terlalu lama, terlalu banyak sampel yang harus diambil agar hasilnya nyata secara statistik. Di sisi lain, metode analisa mikrobiologi berguna untuk menyusun analisis potensi bahaya dan mengkaji ulang bahwa sistem tersebut bekerja dengan efisien.

Pada prakteknya, sistem pengawasan harus distandarisasi dengan menyusun prosedur operasi yang sesuai dan dapat menjelaskan:
􀃖 Sifat dan prinsip pengujian, metode atau teknik yang digunakan
􀃖 Frekuensi pengamatan, letak atau lokasi dilakukannya pengamatan
􀃖 Alat yang digunakan9, proses atau rencana pengambilan sampel
􀃖 Tanggung jawab pengawasan an interpretasi hasil
􀃖 Peredaran informasi.

Posting Komentar untuk "Penyusunan sistem pengawasan untuk masing-masing CCP"