Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tinjauan Pustaka DISTILASI

"Sang Landep"
Distilasi atau penyulingan adalah suatu metode pemisahan bahan kimia berdasarkan perbedaan kecepatan atau kemudahan menguap (volatilitas) bahan. Dalam penyulingan, campuran zat dididihkan sehingga menguap, dan uap ini kemudian didinginkan kembali ke dalam bentuk cairan. Zat yang memiliki titik didih lebih rendah akan menguap lebih dulu. Metode ini merupakan termasuk unit operasi kimia jenis perpindahan massa. Penerapan proses ini didasarkan pada teori bahwa pada suatu larutan, masing-masing komponen akan menguap pada titik didihnya. Model ideal distilasi didasarkan pada Hukum Raoult dan Hukum Dalton (Anonim, 2008).

Distilasi adalah suatu cara pemisahan larutan dengan menggunakan panas sebagai pemisah atau “separating agent”. Jika larutan yang terdiri dari dua buah komponen yang cukup mudah menguap, misalnya larutan benzena-toluena, larutan n-Heptan dan n-Heksan dan larutan lain yang sejenis didihkan, maka fase uap yang terbentuk akan mengandung komponen yang lebih menguap dalam jumlah yang relatif lebih banyak dibandingkan dengan fase cair (Anonim, 2008).

Destilasi adalah proses pemisahan suatu larutan berdasarkan perbedaan titik didih larutan. pemindahan, yaitu memisahkan komponen-komponen di dalam suatu campuran membuat suatu kenyataan bahwa bahan / komponen lebih cepat menguap dari pada yang lain. Apabila uap tersebut dari suatu campuran, uap ini mengandung komponen asli campuran, akan tetapi propon yang ditemukan oleh daya menguap komponen tersebut. Pada destilasi berfraksi, uap ditukar dan kemudian diuapkan kembali sehingga pemisahan lebih lanjut terjadi. Apabila diinginkan kemurnian yang tinggi, destilasi yang berturut dapat dilakukan (Anonim, 2008).

Kegunaan destilasi di dalam industri pangan adalah untuk mengentalkan minyak atsir bahan penyegar beralkohol dan aroma (Smith , 2002).

Alat atau mesin destilasi adalah alat yang digunakan untuk mengekstraksi suatu zat cair atau padat yang terdapat dalam dua atau lebih campuran zat berdasarkan tinggi rendahnya titik uap (Smith, 1990).

Posting Komentar untuk "Tinjauan Pustaka DISTILASI"