Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tinjauan Pustaka PENEPUNGAN

"Sang Landep"
Pada sebagian mesin, separuh bagian bawah silinder terbungkus oleh sebuah saringan, biasanya terdiri atas satu potong. Saringan ini terdiri atas lembaran baja yang berlubang-lubang. Lubang ayakan mempunyai bermacam-macam ukuran, yang bergantung pada tingkat kelembutan penggilingan yang diinginkan. Ukuran lubang berkisar dari5/65 inci sampai 2 inci (0,2 sampai 5,1 cm). (Harris Pearson Smith-Lambert, 1990 ).

Bahan yang digiling dimasukkan langsung ke dalam ruang dimana palu-palu berputar. Palu-palu pemukul bahan dengan gaya yang demikian besar sehingga bahan praktis akan “meledak”. Bahan-bahan ditahan pada saringan sampai dihancurkan cukup halus untuk dapat melalui lubang-lubang saringan. (Harris Parson Smith-Lamberth Henry Wilkes. 1990).

Pengggilingan geraham dan gas berputar adalah peralatan berat dan tidak dipergunakan dalam industri pangan secara intensif. Mekanisme penggilingan geraham yaitu bahan dimasukkan dalam antara dua geraham berat, yang satu tetap dan yang lain turun naik seperti pengerjaan bahan jatuh ke dalam ruangan dengan kedalaman sempit, kemudian menggiling bahan ketika bahan bergerak (Sutarno, 1989).

Penepungan adalah suatu proses menhaluskan bahan padat dengan kerja mekanis yang menjadi partikel-partikel yang lebih kecil. Di dalam proses penepungan, ukuran bahan diperkecil dengan menggoyakkannya. ( Santoso, 1982 ).

Posting Komentar untuk "Tinjauan Pustaka PENEPUNGAN"