Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berkunjung ke PETERNAKAN AYAM PETELUR Referensi bagi pemula

"Sang Landep"
Berternak ayam petelur memang sangat mengasikkan, tiap hari bisa kita panen hasilnya. tapi sebelum kita membahas yang asik - asik, kita bahas dulu perjuangan dari awal merintis ayam petelur. 

PERSIAPAN KANDANG
untuk mempersiapkan kandang yang pertama adalah ijin dulu ke warga sekitar karena nantinya akan banyak lalat, apalagi saat membersihkan kotoran nya lalat akan berterbangan kemana - mana. 
Kedua pilih model kandang dengan model pembuangan kotorannya, seperti yang kami kunjungi disana ada dua tipe pembuangan kotoran: yang pertama dibuat kolam ikan lele di bawahnya, jadi kotoran ikan langsung jatuh kekolam dan dimakan ikan lele,  yang kedua kandang panggung biasa jadi kotoran ayam akan menumpuk di bawah kandang, untuk yang ini hasil kotorannya bisa kita jual lagi tapi model ini akan banyak lalat karena tumpukan kotoran. 
Untuk sistem pemberian air minumnya sekarang sudah ada sistem otomatis jadi tinggal kita merangkai pipa - pipa di setiap ayamnya.  
Untuk model kandang perayamnya disini menggunakan rak besi 3  susun bahan monium anti karat jadi lebih tahan lama, untuk lebih hematnya ada yang menggunakan rak dari bambu. 

PEMILIHAN AYAM PETELUR
untuk pemilihan ayam sendiri ada 2 pilihan yaitu ayam kutuk / kecil atau ayam dewasa siap bertelur. Dalam kasus ini ditempat yang kami kunjungi saat pertama memilih pembelian ayam dewasa siap bertelur, walaupun siap bertelur masih membutuhkan perawatan sekitar 2-3 bulan baru semuanya bisa bertelur. Karena ayam - ayam masih penyesuaian dengan kondisi sekitar.  Dalam kasus ini sampai ada yang mati sekitar 300 ekor dari 2000 ayam untuk pengisian kandang pertama. Hampir tiap minggu di datangkan dokter hewan untuk vaksin ayam. Jadi disarankan untuk pembelian ayamnya jangan terlalu jauh dari lokasi kandang atau yang memiliki kondisi sekitar yang sama. 
Dari pengalaman tersebut untuk kandang ayam kedua dibelikan ayam disekitar lokasi karena pas ada yang pembesaran ayam petelur. 
Untuk kandang yang ketiga ini di isi dari pembesaran ayam sendiri (beli bibit ayam atau ayam kecil) 

PERAWATAN DAN PEMANENAN
Kalau sudah berjalan perawatan cukup mudah yang pertama pemberian pakan yang teratur 2 X sehari dan jangan lupa dikeruk pakan sisa  supaya bersih.  
Yang kedua dikasih bunyi - bunyian bisa musik atau radio supaya ayam tidak mudah stres.  
Untuk pemberian vaksin bisa dilihat kondisi ayam, bila ada satu atau dua ayam kondisinya kurang sehat sesegera mungkin untuk dilakukan vaksin supaya tidak menular ke ayam yg lain. 
Sedangkan untuk pemanenan atau pengambilan telurnya dilakukan sekitar jam 10.00 ~ 12.00 siang

Posting Komentar untuk "Berkunjung ke PETERNAKAN AYAM PETELUR Referensi bagi pemula"