Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PENILAIAN KONSUMSI PANGAN

"Sang Landep"


Zat gizi adalah zat atau unsur-unsur kimia yang terkandung dalam makanan yang diperlukan untuk metabolisme dalam tubuh. Secara normal zat gizi bertanggung jawab atas fungsi dari pada pengan. Keenam macam zat gizi adalah korbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air (Suhardjo, 1996).

Energi adalah tenaga untuk melakukan pekerjaan. Pangan adalah bahan bakar yang berfungsi sebagai sumber energi yang diperlukan tubuh untuk melakukan pekerjaan yang penting. Energi juga diperlukan untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh (Suhardjo, 1985).

Sampai tahun ini, kandungan energi dan zat gizi berbagai jenis pangan asli indonesia, pangan segar maupun olahan, telah dianalisis di laboratorium dan dimuat dalam Daftar Komposisi Bahan Makanan (DKBM). Daftar tesebut digunakan sebagai pedoman dalam perhitungan kandungan energi dan zat gizi berbagai jenis pangan (Tejasari, 2005).

Kurang energi protein adalah salah satu masalah gizi akibat konsumsi makanan yang tidak cukup mengandung energi dan protein karena gangguan kesehatan (Soekirman, 2000).

Gizi kurang merupakan keadaan tidak sehat yang timbul karena tidak cukup makan dan demikian konsumsi kurang selama jangka waktu tertentu. Berat badan menurun adalah tanda kurang gizi (Roedjito, 1989).

Posting Komentar untuk "PENILAIAN KONSUMSI PANGAN"